MurdanSianturi.Com
       Senin, 28 Juli 2014



View : 1924 kali


Tulisan Rohani

Sabtu, 26 Januari 2013

KHOTBAH PKB - SIKAP HIDUP YANG BARU - Efesus 4:17-32


Khotbah PKB 25 Jan 2013
SIKAP HIDUP YANG BARU
Efesus 4:17-32
Pelayan Firman : Murdan Sianturi
----------------------

KHOTBAH PKB - SIKAP HIDUP YANG BARU - Efesus 4:17-32
Seorang pemuda Indian bertanya kepada kakeknya, mengapa dirinya begitu gampang tersinggung dan cepat marah. Ia ingin tahu cara mengubah perangainya. Sang kakek bercerita bahwa dalam diri manusia ada "dua serigala". Serigala yang satu selalu berpikiran negatif, mudah marah, dan suka berprasangka buruk. Adapun serigala yang lain selalu berpikiran positif, baik hati, dan suka hidup damai. Setiap hari kedua serigala ini berkelahi. "Lalu serigala mana yang menang?" tanya si pemuda. "Serigala yang setiap hari kamu beri makan."

Dalam diri kita ada sisi baik dan sisi buruk. Sisi mana yang kemudian menjadi dominan sangat ditentukan oleh makanan rohani yang kita makan. Baik makanan rohani itu berasal dari pola asuh dan lingkungan kita, maupun makanan rohani yang kita sendiri upayakan.

Sebagai manusia baru di dalam Tuhan, kita perlu terus-menerus membuang segala sifat buruk; dengki, iri hati, prasangka, dan lain-lain. Sebaliknya kita harus terus memupuk segala sifat baik; sabar, suka berdamai dengan kenyataan, menyebar kasih dan kebaikan. Dengan semakin banyak memupuk sisi baik, lama-lama sisi buruk kita akan tenggelam.

Bagaimana kita dapat mengendalikan dua sisi itu? Bagaimana kita dapat memberi makan "serigala" yang baik? Dengan evaluasi dan introspeksi diri. Dengan kemauan untuk belajar. Dan terutama, dengan menekuni firman Tuhan. Hanya dengan cara itulah, kita dapat mengikis sisi-sisi buruk kita. Membuatnya tidak dominan, apalagi menguasai kita. Sekaligus menyuburkan sisi-sisi baik kita.

Saudaraku yang terkasih,

Pada Materi Persiapan kemarin diberi judul SIKAP HIDUP YANG BARU dan pada perikop Alkitab diberi judul MANUSIA BARU. Efesus 4:17-32. Dikatakan ada dua karakter manusia.

Tetapi menurut saya sebenarnya ada 3 karakter manusia:


yang pertama : Manusia yang tidak menerima Roh Kudus. Rohaninya mati.

yang kedua: Manusia yang percaya Yesus dan pastinya sudah menerima Roh kudus, tetapi tidak sepenuhnya mau dipimpin Roh Kudus. Masih ingin hidup dalam manusia lamanya. (Suam-suam Kuku)

yang ketiga: Manusia yang percaya Yesus dan mau sepenuhnya dipimpin Roh Kudus.

Fokus Utama Pesan Rasul Paulus pada jemaat di Efesus: Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia. Efesus 4:17.

Tapi pertanyaannya: Mampukah manusia melakukan perintah Paulus ini?.


Key: Tanpa memberi diri dituntun oleh Roh Kudus kita tidak mungkin melakukan segala kehendak Allah, tidak mungkin menjadi Manusia Baru. Jadi intinya agar kita mampu menjadi Manusia Baru atau berjalan dalam Sikap Hidup yang baru, kita harus dipimpin Roh Kudus.

Roh Kudus tidak bisa berdiam di dalam diri seseorang kalau di dalam hati orang itu ada dosa. Roh Kudus berdiam di dalam diri seseorang selama-lamanya pada saat ia menerima pengampunan dari dosa-dosanya.

Fungsi Roh Kudus:
1. AGAR KITA BERLIMPAH DALAM PENGHARAPAN: Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan. Roma 15:13

2. ROH KUDUS MENDIAMI TUBUH ORANG PERCAYA SEBAGAI TANDA KITA SUDAH LUNAS DIBAYAR: Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?. 1 Korintus 6:19

3. AGAR KITA MENJADI SAKSI YESUS YANG PENUH KUASA: Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Kisah Para Rasul 1:8

Kesimpulan: (12) Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, (13) karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. (Filipi 2:12,13).









Anda Sekarang Sedang Baca Artikel Tentang

KHOTBAH PKB - SIKAP HIDUP YANG BARU - Efesus 4:17-32

, Boleh Menyebar Luaskan Artikel Ini Atau Mengcopy Paste Artikel

KHOTBAH PKB - SIKAP HIDUP YANG BARU - Efesus 4:17-32

ini Jika Memang Bermanfaat. Tapi Saya Harap Anda Jangan Lupa Menyertakan Link KHOTBAH PKB - SIKAP HIDUP YANG BARU - Efesus 4:17-32 Sumbernya. Thank's

Baca Juga:


...


Sub Kategori Tulisan Rohani:
Last Searches:


 Kategori:

Kategori Utama: About Computer (6), Algoritma (15), Anti Virus (2), Belajar PHP Mulai Dari NOL (4), Berita Bekasi (4), Berita Mudik (14), Bimbingan Tugas Akhir (10), Bimbingan Web (9), Class November12 (3), Class October12 (11), Diabetes News (7), e-learning: Web Programming 2 (28), EasyWorship 2009 (2), Google Adsense (2), Hot Topic (8), Inforkom Litbang Gereja (5), Insurance NEWS (3), Investasi (3), Its About Christmas (6), Its About Management (7), Its About Web (28), Jokowi for President (6), Lagu Batak Favorit (215), Lagu Rohani (13), Learn iOS (3), Learning English For My Children (9), My Family (3), My Status (43), Personal Website (3), PHP Coding (7), Private Content (32), Rating (14), Streaming TV (10), Tanaman Obat (2), Tanya Investasi (7), Tips (394), Tips Internet (7), Tulisan Bebas (20), Tulisan Rohani (3), What is it (1122)



About Me:
Saya seorang Peneliti dan senang membangun Website atau Web Aplikasi.

Recent Project : Analytics Search Engine Optimization (SEO).

Paper at Pascasarjana STMIK Nusa Mandiri: CREATE A SECURE WEB APPLICATION AND GENERATED REPORT AS PDF


Senin, 28 Juli 2014
Peta Zaman
Jumat, 11 Juli 2014
Dosa itu...
Minggu, 01 Juni 2014
Menjadi Garam dan Terang tidak mungkin kalau...